Gaya Hidup post authorPatrick Sorongan 02 Agustus 2021

Dokumenter Led Zeppelin segera Tayang: Band Rock paling Berpengaruh dalam Sejarah

Photo of  Dokumenter Led Zeppelin segera Tayang: Band  Rock paling Berpengaruh dalam Sejarah Led Zeppelin.(©Jim Marshall Photography LLC via Variety)

FANS berat lagu-lagu rock dari Led  Zeppelin bisa mengobati kerinduannya dengan menyaksikan film dokumenter Becoming Led Zeppelin (Menjadi Led Zeppelin). Digarap sutradara  American Epic Bernard MacMahon, bisa disaksikan perjalanan panjang dari grup band rock legendaris asal Inggris ini.

Sejak dibentuk pada September 1968 hingga bubar pada 1988 sepeninggal drummer John Bonham, Led Zeppelin dikenal dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin mampu berkiprah sebagai salah satu band heavy metal yang pertama di dunia.

Terdiri dari Jimmy Page (gitar), Robert Plant Vokal utaa dan harmonika), John Paul Jones (bas, kibor, mandolin), dan John Bonham (drum), sebagian besar lagu-lagu Led Zeppelin merupakan interpretasi musik blues dan folk bernuansa rock.

Genre musik ini sudah termasuk musik rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, klasik,Kelt, India, Arab, pop, atau Amerika Latin, bahkan musik country.  

Rock Berorientasi Album

Led Zeppelin tidak pernah merilis singel dari lagu-lagunya yang menjadi populer di Inggris. Mereka lebih menyukai konsep musik rock yang berorientasi album.

Hingga kini, album Led Zeppelin telah laku lebih dari 300 juta keping, termasuk 109,5 juta keping laku di AS, dan menjadi satu-satunya grup musik yang berhasil menempatkan semua albumnya ke dalam urutan di tangga ke-10 Top Billboard. 

Selain itu, Led Zeppelin masuk dalam urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar (100 Artis Hard Rock Terbesar) versi VH1.

Pada 10 Desember 2007, tiga persoel Led Zeppelin,  Robert Plant, Jimmy Page dan John Paul Jones, menggelar konser reuni yang dipersembahkan untuk Ahmet Ertegün di The O2, London, Inggris, lewat konser yang ditonton 20 ribu penonton itu  yang juga mengajak putra John Bonham, Jason. 

Tak Disangka 

Proyek Becoming Led Zeppelin yang pertama kali diumumkan pada 2019, menandai pertama dan satu-satunya grup band yang digarap film dokumenternya dalam 50 tahun terakhir.

Meskipun film serupa pada 1976,  The Song Remains the Same berpusat ke band, tapi sebagian besar film itu berupa konser dari serangkaian pertunjukan di Madison Square Garden pada 1973.

Becoming Led Zeppelin adalah film yang tidak seorang pun mengira bisa dibuat," kata MacMahon. “Band ini meroket untuk menjadi bintang memang sangat cepat, dan hampir tidak terdokumentasi."

"Kisah ini akhirnya bisa diceritakan,  setelah kami melakukan pencarian intensif di seluruh dunia selama bertahun-tahun untuk menemukan arsip visual dan audionya,” tambahnya, sebagaimana dilansir Suara Pemred dari Variety, Senin, 2 Agustus 2021.

Film ini juga mencakup wawancara dengan Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan dari arsip langka mendiang John Bonham, yang meninggal pada 1980. Film ini menampilkan film dan foto arsip yang belum pernah dilihat sebelumnya, status transfer audio seni musik band,  dan musik artis lain yang membentuk suara mereka.

Ketika proyek ini pertama kali diumumkan, Page berkata: "Ketika saya melihat semua yang telah dilakukan oleh Bernard, baik secara visual maupun sonik pada pencapaian luar biasa film American Epic, saya yakin bahwa dia akan memenuhi syarat untuk menceritakan kisah kami dalam film ini." 

Pertama kali dibentuk di London pada 1968, Led Zeppelin terkenal dengan sederet hits termasuk Stairway to Heaven, Good Times Bad Times, dan The Immigrant Song.

Itu sebabnya Led Zeppelin , dianggap sebagai salah satu band rock paling berpengaruh dalam sejarah.*** 

 

Sumber: Variety, Wikipedia

 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda